SEJARAH PANJAT TEBING INDONESIA - 2

1998

Mayjen TNI AD Syarir MS. yang pada saat itu menjabat sebagai Danjen KOPASSUS terpilih menjadi Ketua Umum PP FPTI untuk tahun 1998 - 2007.

Kejurnas Panjat Tebing FPTI dilaksanakan di Tenggarong, Kutai Kertanegara Klimantan Timur, untuk ke-2 kalinya Juara Umum tetap dalam genggaman Kontingen Daerah Istimewa Yogyakarta. Tak kurang dari 16 daerah ikut berpartisipasi dalam gelaran yang dilaksanakan di dekat Museum Tenggarong.

Yuyun Yuniar atlet Cantik dari Bandung Jawa Barat menjadi Juara I Speed Climbing ESPN X-Games Qualifier di Phuket Thailand, setelah dalam babak final mengalahkan Go Min Soon dari Korea. Atas kemenangan tersebut menjadi wakil Asia dalam Final Summer X-Games di San Diego Amerika Serikat.

Nur Rohman Rosyid Kalah secara kontroversial atas pemanjat legendaris Yuji Hirayama, dalam babak 8 besar Speed Climbing ESPN X-Games Qualifier 2008 di Phuket Thailand.

Ronald Mamarimbing Meraih Medali Perak Dalam Speed Climbing ESPN X-Games Qualifier 2008 di Phuket, Thailand setelah dikalahkan oleh Pemanjat Jepang Yuji Hirayama.

Etti Hendrawati meraih medali Perunggu pada nomor Speed Climbing ESPN X-Games Qualifier 2008 di Phuket Thailand, setelah mengalahkan Pemanjat dari Korea Selatan.

Yuyun Yuniar meraih Medali Perak dalam ESPN Summer X-Games di San Diego Amerika Serikat, setelah dalam babak Final dikalahkan oleh Atlet dari Rusia Elena Ovnikova. Sedangkan atlet panjat Rohman Rosyid dan Ronald Mamarimbing harus puas di peringkat 8 dan 12.

1999

Babak Prakualifikasi PON XV/2000 Cabang Olahraga Panjat Tebing dilaksanakan di Kota Solo, Jawa Tengah yang bertempat di GOR Manahan Solo.

Nur Rohman Rosyid dan Etti Hendrawati Menjadi Juara I dalam Speed Climbing ESPN X-Games Qualifier 2008 di Phuket Thailand, Etti Hendrawati Mengalahkan compatriotnya Evi Neliwati dan Nur Rohman Rosyid Membuyarkan impian Ronald Mamarimbing dari Jawa Timur. Sedangkan Evi Neliwati harus puas dengan medali perak, setelah dikalahkan oleh Juara Kejurnas Panjat Tebing FPTI 1999 di Solo Etti Hendrawati.

Dalam Speed Climbing ESPN Summer X-Games di San Fransisco, Etti Hendrawati meraih peringkat 3 sedangkan rekannya Nur Rohman Rosyid dan Ronald Mamarimbing harus puas di peringkat 6 dan 8.

2000

Dilaksanakan PON XV/2000 di Surabaya, untuk kali pertama Panjat Tebing menjadi mata lomba resmi pada PON tersebut, walaupun dengan status cabang mandiri. Yogyakarta tetap memegang supermasi sebagai Juara Umum Panjat Tebing pada PON tersebut. Disusul Jawa Timur, Kalimantan Timur, DKI dan Lampung.

Etti Hendrawati peraih 4 emas PON XV/2000 di Surabaya diluar dugaan keluar sebagai Juara Dunia pada kejuaraan dunia Speed Climbing ESPN Summer X-Games di San Fransisco pada bulan Agustus. Pada final Etti menumbangkan musuh bebuyutannya Elena Repko dari Ukrania. Sedangkan teman sekaligus pacarnya (kini menjadi suaminya) Nur Rohman Rosyid harus puas menempati peringkat 5.

2001

Kejurnas Panjat Tebing 2001 di Tanjung Pinang Riau, diluar dugaan Kontingen Panjat Tebing FPTI Kalimantan Timur keluar sebagai juara Umum setelah mengungguli perolehan medali emas atas kontingen Yogyakarta, yang sudah 4 tahun berturut-turut sebagai juara umum dari tahun 1997 - 2000.

Bersambung.... dan akan terus diedit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi PJOK Semester 1