RENANG GAYA DADA/KATAK


Renang gaya dada/katak/crawl : meliputi dari pengertian, cara, teknik dalam berenang, manfaat, sejarah, contoh dan gambar supaya mudah di pahami.
Pada materi kami yang sebelum nya kami sudah membahas Olahraga  Air dimana materi sebelumnya termasuk salah satu jenis olahraga renang, olahraga sangat dianjurkan dalam kehidupan sehari-hari karena olahraga merupakan salah satu bentuk untuk menjadikan pola hidup dan menjaga kesehatan pada tubuh, dengan rutin melakukan kegiatan berolah raga pastinya kehidupan akan terasa lebih sehat.
Langsung saja simak penjelaan VIDEO di bawah ini :
·         Pengertian Renang Adalah

·         Teknik Renang Gaya Dada

·         Manfaat Renang Gaya Dada

Pengertian Renang Gaya Dada 

Merupakan bentuk salah satu cabang olahraga dan gaya yang mudah untuk dilakukan bagi setiap para atlit olahraga renang sehingga jika dilakukan dengan benar maka hal tersebut akan mendapatkan hasil yang maksimal.
Seperti yang sudah di terangkan pada awal kalimat renang gaya dada dapat disebut juga sebagai renang gaya katak karena renang ini dapat di pelajari oleh banyak orang pada waktu libur kegiatan bekerja untuk menghilangkan rasa lelah pada tubuh.
Renang gaya dada yang pertama kali dipelajari oleh kebanyakan orang pada waktu mereka mulai belajar berenang sehingga hal ini disebabkan kesamaan pada gerakan tungkai.

Teknik Renang Gaya Dada
Didalam sebuah bidang olahraga terkadang banyak sekali dari bberbagai gaya dan teknik yang berbe-dabeda karena rangan dangan menggunakan gaya dada ini sangat lah umum di kenal.
Berikut beberapa jenis teknik ranag adalah :

A. Teknik Gerakan Kaki


Teknik melatih gerakan kaki gaya ini sangat penting di lakukan setiap anggota pemain olahraga renang karena dengan gerakan kaki yang benar akan dapat menambah kecepatan saat berenang.
Diantara beberapa cara dalam gerakan kaki saat berenang adalah :
  • Pertama kali yang harus di perhatikan setelah meluncur keadaan posisi badan harus terlungkup yang sejajar dengan air kolam
  • Langkah kan kedua kaki secara bersamaan ke arah samping kemudian kedua kaki tersebut diluruskan seperti posisi kaki katak saat berenang
  • Lakukan lecutan yang sempurna lalu lakukan gerakan menutup
  • Lakukan gerakan santai agar dapat melakukannya dengan kemudian lakukan berulang sampai benar

B. Teknik Mengambil Nafas

Dalam latihan berenang hal yang harus diperhatikan adalah pernapasan ketika melakukan renang gaya dada ini ketika kedua tangan di tarik ke bagian samping lalu lakukan secepat mungkin untuk mengambil nafas yang benar kemudian keluarkan secara perlahan di dalam air

C. Teknik Gerakan Meluncur

Salah satu teknik dalam olahraga berenang ini adalah teknik meluncur karena dengan melakukan luncuran yang sempurna dan bisa bergerak lebih Cepat maka awalan saat renang harus mengeluarkan energi yang ekstra.
Diantara beberapa cara yang digunakan untuk meluncur dengan benar adalah :
  • Berdiri di pinggir kolam satu kaki menempel di dinding kemudian berdiri menopang tubuh.
  • Posisikan badan sejajar dengan permukaan air
  • Lakukan lompatan memulai luncuran untuk mendorong badan dengan mengarahkan ke depan
  • Setelah masuk ke dalam air posisi badan lurus ke depan sampai dapat melakukan luncuran sejauh mungkin
  • Jaga keseimbangan di dalam air dan lanjutkan dengan gerakan kaki dan tangan
Karena teknik luncuran ini merupakan salah satu faktor yang bisa membuat perenang menjadi pemenang
D. Teknik Gerakan Tangan
teknik latihan dengan menggunakan gerakan tangan saat renang gaya dada dapat juga di lakukan dengan sebuah gerakan tangan karena gerakan tangan ini adalah salah satu faktor untuk lebih cepat bisa sampi ketempat finis.
Dantara beberapa gerakan tangan tersebut dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini :
  • Kedua kaki harus diletakkan di dinding kolam pada permukaan air
  • Kedua tangan diluruskan dengan posisi kepala lurus keluar dari permukaan air
  • Kedua tangan harus ditarik bersama-sama ke arah bagian dada bawah lalu telapak tangan mengayuh air
  • Pada gerakan tangan lakukan dengan bantuan papan peluncur
Manfaat Renang Gaya Dada
Berenang memang salah satu cabang olahraga yang sangat asyik sehingga banyak sekali masyarakat yang senang dengan melakukan olahraga tersebut, dengan demikian tentunya olahraga ini memiliki manfaat yang baik untuk kehidupan manusia.
Diantara beberapa manfaat tersebut adalah:
1. Menguatkan tulang dan otot
Renang membuat tulang dan otot-otot seluruh tubuh menjadi lebih rileks dari kepala sampai kaki bahkan sampai keseluruh tubuh, berenang dapat menguatkan kekuatan otot sehingga menambah stamina massa otot di usia muda
2. Efektif bakar lemak
olahraga yang baik dan benar maka manfaat yang akan di dapatkan salah satunya untuk membakar kalori hingga 60 kalori bahkan otot perut akan terlihat indah,
Pembakaran lemak terjadi setelah 20 menit melakukan renang sehingga pada awal mulai membakar karbohidrat cadangan dan setelahnya baru membakar lemak yang terdapat pada tubuh. dengan demikian otomatis jumlah kalori yang terbakar akan lebih banyak
3. Menjaga Kadar Kolesterol
olahraga yang baik dan benar saat melakukan olahraga 15 sampai dengan 30menit maka kolesterol dalam tubuh biasanya dengan mudah akan menghilang karena hasil yang didapatkan mengandung lemak dalam darah menjadi meningkat dan menyebabkan kolesterol yang berlebihan
4. Menghilangkan Stres
Selain dapat mencegah kolesterol dalam olahraga renang juga bisa menghilangkan beberapa penyakit dan bisa juga menghilangkan stres namun ada juga mampu menghilangkan berbagai macam penyakit.
5. Cegah risiko penyakit kronis
Rutin berenang akan meningkatkan daya tahan tubuh bahkan mampu meningkatkan kekebalan dari penyakit dan dapat fungsi untuk melancarkan aliran dara pada jantung bahkan bisa juga mencegah penyakit sruke.
Sejarah Renang
Renang gaya dada memang sudah populer pada tahun 1875 setelah mampu mencatatkan sebagai olahraga dalam berenang dan dapat menyeberangi sungai dan lautan, dan pada tahun 1904 olahraga ini sudah menjadi Olimpiade yang mempertandingkan jenis olahraga dalam tingkat dunia.
sehingga sampailah sekarang ini jenis olah raga ini sedah sampai keseluruh wilayah di Indonesia bahkan sampai ke penjuru dunia hampir semua menyukai olah raga renang.
Demikian yang dapat kami sampaikan dalam artikel kali ini mengenai olah raga renang gaya dada, semoga mermanfaat dan menambah wawasan kita semua tentang dunia olah raga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi PJOK Semester 1